Ketika Anda ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan, tentu Anda perlu menciptakan surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakan poin penting yang menjadi pertimbangan oleh pihak perusahaan apakah Anda diterima atau tidaknya.
Ilustrasi Surat Lamaran Kerja (pixabay) |
Bayangkan saja bila Anda menciptakan sebuah surat lamaran kerja secara asal-asalan tanpa memperhatikan poin penting yang harus ada dalam surat lamaran pekerjaan, tentu akan berdampak negatif bagi lamaran Anda.
Anda tentu harus mempromosikan diri Anda secara benar tanpa perlu mengada-ada yang tentu saja menjadi nilai tambah bagi perusahaan yang akan mendapatkan kerja.
Anda tentu harus menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar semoga peluang diterima perusahaan yang Anda inginkan semakin besar. Karena ketika ini banyak orang yang membutuhkan pekerjaan namun lapangan kerja yang tersedia tidak memadai. Sehingga untuk memasuki sebuah perusahaan yang Anda inginkan bisa saja menjadi sangat sulit alasannya yaitu persaingan yang ketat.
Berikut tips menulis surat lamaran kerja yang benar
- Baca dengan baik persyaratan dan kriteria yang diperlukan dalam lowongan pekerjaan tersebut Hal ini diperlukan semoga isi surat lowongan pekerjaan Anda tidak keluar dari konteks.
- Dalam penulisan surat lamaran kerja gunakan bahasa baku berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
- Gunakanlah kata-kata yang gampang dipahami, singkat, padat, jelas, sopan, dan menarik.
- Tujuan surat harus jelas. nama yang dituju harus Anda pastikan benar ejaan namanya, gelar, dan jabatan, begitu pula dengan alamat perusahaan.
- Pastikan bahwa surat lamaran pekerjaan tidak ada salah ketik. Memakai tata bahasa yang baik dan benar, serta tidak terdapat kata yang sering diulang.
- Pastikan surat lamaran kerja yang memakai kertas higienis Tidak ada kotoran, ataupun bekas terlipat.
Setelah Anda mengetahui bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik semoga peluang diterima oleh perusahaan semakin besar, selanjutnya simak cara menulis surat lamaran kerja di bawah ini.
Cara menulis surat lamaran kerja
Menulis surat lamaran kerja sangat berbeda dari sebuah surat ke teman atau surat ucapan terima kasih kepada kerabat. Melainkan harus memperhatikan beberapa hal-hal penting yang harus dilakukan Salah satu tumpuan yaitu format penulisan bantu-membantu tidak ada patokan tertentu melainkan pada umumnya dalam menciptakan surat lamaran memakai format sebagai berikut:
1. Panjangnya surat
Sebuah surat lamaran pekerjaan biasanya tidak melebihi dari satu halaman.
2. Format dan margin Halaman
Dalam surat pengantar biasanya memakai aksara spasi tunggal dengan spasi di antara setiap paragraf. Gunakan margin pada layout:
- Margin Top :3 cm
- Margin Left :4 cm
- Margin Bottom :3 cm3
- Margin Riht : 2cm
Dan teks Rata kiri, yang merupakan kesejajaran standar untuk sebagian besar dokumen.
3. Font
Gunakan font tradisional menyerupai Times New Roman, Arial, atau Calibri. Ukuran font harus antara 10 dan 12 point.
Pada Umumnya cara penulisan surat lamaran kerja di setiap daerah sama saja isinya. Baik cara menciptakan surat lamaran kerja online,cara menciptakan surat lamaran pekerjaan di perusahaan maupun cara menciptakan surat lamaran kerja di bank.
Langkah-langkah menciptakan surat lamaran kerja :
1. Tempat dan tanggal penulisan surat.
- Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
- Alamat lengkap perusahaan.
- Salam hormat
2. Kata pengantar / pembukaan
Dalam kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja wajib mencantumkan di mana Anda mendapatkan isu mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang Anda tuju. Baik dari surat kabar, internet, atau teman Anda. Sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang Anda pilih
Jika dalam perusahaan tersebut terdapat lebih dari satu posisi lowongan pekerjaan.
3. Biodata
Tuliskan nama lengkap Anda, daerah dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon, E-Mail, Pendidikan (tidak wajib). Jika Anda ingin menulis background pendidikan Anda, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi Anda.
4. Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
Jika sebelumnya Anda pernah bekerja, goresan pena pekerjaan Anda sebelumnya. Jika belum pernah bekerja (fresh-graduate) tidak usah. Tulis juga kemampuan Anda yang berkaitan dengan lowongan dan sekiranya diperlukan oleh perusahaan tersebut.
5. Kata penutup
Dalam epilog ini tulislah untuk pembaca Anda bahwa Anda memiliki harapan besar lengan berkuasa semoga diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa mengucapkan Terima kasih.
7. Lampiran surat lamaran kerja
Agar perusahaan yang Anda lamar semakin yakin untuk mendapatkan Anda, lampirkan juga beberapa hal yang sanggup menambah nilai Anda . Hal yang umum sebagai lampiran yaitu :
- Pas foto (foto terbaru)
- Fotokopi KTP>
- Daftar riwayat hidup
- Fotokopi ijazah terakhir
- Fotokopi akta kompetensi (kursus atau training yang pernah Anda ikuti)
- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
Setelah Anda mengetahui cara menciptakan surat lamaran pekerjaan yang benar, Anda bisa melihat contoh-contoh surat lamaran pekerjaan di bawah ini bila tidak .
1. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum (Untuk Perusahaan/PT/CV. Etc.)
Download [Ukuran: 28,6Kb]2. Contoh Surat Lamaran Kerja Bank
Download [Ukuran: 30,7kb]3. Contoh Surat Lamaran Instansi Pemerintahan
Download [Ukuran: 27,0kb]Itulah bagaimana cara menciptakan surat lamaran kerja yang gampang dan tentu saja memiliki peluang besar untuk diterima pada perusahaan yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat.