Apa yang di maksud dengan manajemen? Manajemen ialah suatu proses untuk mengatur sesuatu yang di kerjakan oleh sekelompk orang atau organisasi untuk mencapai sebuah tujuan yang sudah di memutuskan dengan cara memanfaatkan semua sumber daya yang ada dan di lakukan secara bersama-sama.
![]() |
| Pengertian manajemen |
Untuk mengetahui lebih terang perihal apa itu administrasi kita bisa mengacu pada beberapa pengertian administrasi di bawah ini.
Pengertian Manajemen secara umum
Secara etimologi kata administrasi berasal dari bahasa perancis kuno "Menagement" yang mempunyai arti seni mengatur dan melaksanakan. kata manjemen juga berasal dari bahasa italia (1561) yaitu "Managgiare" yang mempunyai arti mengendalikan.
Manajemen secara umum sanggup di artikan sebagai suatu ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan terhadap upaya sekelompok orang atau para anggota organisasi dengan memanfaatkan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.
Dalam hal ini seni yang dimaksud ialah suatu pengetahuan perihal bagaimana cara untuk mencapai hasil yang diinginkan atau dalm kata lain seni ialah kecakapan yang diperoleh dari pengalaman, pengamatan & pelajaran serta kemampuan untuuk memakai pengetahuan manajemen.
1. Perencanaan (planning)
Dalam hal ini seni yang dimaksud ialah suatu pengetahuan perihal bagaimana cara untuk mencapai hasil yang diinginkan atau dalm kata lain seni ialah kecakapan yang diperoleh dari pengalaman, pengamatan & pelajaran serta kemampuan untuuk memakai pengetahuan manajemen.
Pengertian administrasi berdasarkan para ahli
Dalam medefinisikan apa itu administrasi kita bisa merujuk pada pendapat para hebat perihal pengertian administrasi yang bisa kita jadikan landasan.
Berikut pengertian administrasi berdasarkan para ahli:
1. Malayu S.P Hasibuan
Menurut Malayu S.P Hasibuan, definisi manajemen ialah ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan SDM dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah di tetapkan.
2. James A.F. Stoner
Menurut James A.F. Stoner, pengertian manajemen ialah proses perencanaan, peng organisasian, pengarahan dan pengawasan kinerja para anggota organisasi dan pemanfaatan sumber daya organisasi lainnya semoga mencapai sebuah tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
3. T. Hani Handoko
Menurut T. Hani Handoko, pengertian Manajemen ialah ilmu pengetahuan juga dalam artian bahwa administrasi memerlukan disiplin ilmu-ilmu pengetahuan lain dalam penerapannya ; misalnya, ilmu ekonomi, statistik, akuntansi, dan sebagainya.
4. Assauri
Menurut Assauri, pengertian manajemen ialah suatu kegiatan atau upaya yang dilakukan untuk mencapaii tujuan dengan memakai atau mengkoordinasikan kegiatan kegiatan orang lain.
5. Mary Parker Follet
Menurut Mary Parker Follet, Definisi manajemen ialah suatu seni yang di gunakan untuk melaksanakan suatu kegiatan melalui orang lain dalam mencapai sebuah tujuan.
6. Harold Koontz
Pengertian administrasi berdasarkan Harold koontz ialah suatu seni yang di gunakan untuk menuntaskan suatu pekerjaan melalui dan dengan beberapa orang yang tergabung dalam suatu kelompok formal yang terorganisir.
7. Ricky W. Griffin
Menurut Ricky W. Griffin, pengertian manajemen ialah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan kontrol seluruh sumber daya yang ada untuk mencapai target (goals) secara efektif dan efesien.
Dalam hal ini Efektif yang dimaksud ialah dalam pencapaian sebuah tujuan sesuai dengan perencanaan, sedangkan efisien berarti bahwa kiprah yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan perencanaan.
8. Drs. Oey Liang Lee
Menurut Drs. Oey Liang Lee, Arti Manajemen ialah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan pada sumberdaya insan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
9. Lawrence A. Appley
Menurut Lawrence A. Appley,pengertian administrasi ialah sebuah keahlian yang dimiliki seseorang atau organisasi dalam menggerakkan dan mengarahkan orang lain semoga mau melaksanakan sesuatu.
10. Federick Winslow Taylor
Menurut federick wislow taylor, menjelaskan bahwa pengertian Manajemen ialah Suatu percobaan yang sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap persoalan yang timbul dalam pimpinan perusahaan (dan organisasi lain) atau setiap sistem kerjasma insan dengan perilaku dan jiwa seorang sarjana dan dengan memakai alat-alat perumusan.
11. George R. Terry
Pengertian Manajemen berdasarkan George R. Teryy yaitu suatu proses yang membedakan atas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelakanaan (Aktivating) serta pengawasan (controlling), dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, semoga tercapainya tujuan yang ditetapkan sebelumnya.
Dari semua definisi administrasi diatas sanggup disimpulkan bahwa administrasi mengandung unsur sebagai berikut:
- Manajemen sebagai proses.
- Manajemen sebagai seni.
- Manajemen terdiri dari individu-individu atau orang-orang yang melaksanakan aktivitas.
- Manajemen memakai banyak sekali sumber-sumber dan faktor produksi yang tersedia dengan cara efektif dan efisien.
- Adanya tujuan yang talah ditetapkan terlebih dahulu.
Unsur-unsur Manajemen
Dalam administrasi terdapat Unsur-unsur yang mempunyai keterkaitan satu dengan yang lainnya, sehingga apabila salah satu Unsur terebut tidak ada maka akan kuat terhadap pencapain tujuan suatu organisasi secara keseluruhan.Unsur-unsur administrasi terdiri dari 6 unsur yang disingkat dengan 6 M, yaitu man, money, methods, materials, machines, market.
Berikut klarifikasi Unsur-unsur administrasi terebut:
1. Manusia (men)
Manusia merupakan orang-orang yang akan menjalankan fungsi-fungsi administrasi dalam oprasional suatu organisasi, man merujuk pada sumber daya insan yang dimiliki organisasi. Hal ini termasuk penempatan orang yang tepat, pembagian kerja, pengaturan jam kerja dan sebagainya.
Dalam administrasi Manusia mempunyai peranan yang sangat penting, tanpa ada insan suatu proses tidak akan terjadi. alasannya ialah insan lah yang membuat sebuah tujuan dan melaksanakan proses pencapaian tujuan tersebut
2. Uang (Money)
Money merupakan salah satu unsur yang tidak sanggup diabaikan, uang merupakan modal yang dipergunakan pelaksanaan acara dan planning yang telah ditetapkan, uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai, menyerupai pembelian alat-alat, pembelian materi baku, pembayaran honor dan lain sebagainya.
Besar atau kecilnya hasil kegiatan bisa diukur dari jumlah uang yang beredar dalam sebuah perusahaan.
Oleh alasannya ialah itu uang merupakan alat yang penting untuk mencapai tujuan alasannya ialah segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional. Hal ini akan bekerjasama dengan berapa besar uang yang harus disediakan untuk membiayai honor tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli serta berapa hasil yang akan dicapai dalam suatu organiasi.
3. Bahan (Material)
Material atau bahan-bahan baku yang dibutuhkan biasanya terdiri dari materi setengah jadi dan materi jadi dalam operasi awal guna menghasilakan barang atau jasa. Dalam organisasi untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain insan yang hebat dibidangnya juga harus sanggup memakai sebagai salah satu sarana. Bahan baku dan insan tidak sanggup dipisahkan, tanpa materi baku acara produksi tidak akan mencapai hasil yang dikehendaki.
3. Mesin (Machine)
Machine ialah peralatan termasuk teknologi yang digunakan untuk membantu dalam operasi untuk menghasilakan barang dan jasa. Mesin yang digunakan untuk memberi kemudahan atau menghasilkan laba yang lebih besar serta membuat efisiensi kerja. Terutama pada penerapan teknologi mutahir yang sanggup meningkatkan kapasitas dalam proses produksi baik barang atau jasa.
4. Metode (Methods)
Methods ialah cara yang ditempuh teknik yang digunakan untuk mempermudah jalannya pekerjaan manajer dalam mewujudkan planning oprasional. Metode sanggup dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan kerja suatu kiprah dengan menunjukkan banyak sekali pertimbanganpertimbangan kepada sasaran, fasilitas-fasilitas yang tersedia dan penggunaan waktu, serta uang dan acara bisnis.
5. Pasar (Market)
Market merupakan pasar yang hendak dimasuki hasil prosuksi baik barang atau jasa untuk menghasilkan uang, mengembalikan investasi dan mendapat profit dari hasil penjualan atau kawasan dimana organisasi menyebarluaskan produknya.
Fungsi manajemen
Fungsi Manajemen merupakan elemen dasar yang harus ada dalam administrasi sebagai landaan atau sumber pola manajer (seseorang yang mengelola manajemen) dalam melaksanakan kiprah untuk mencapai tujuan dengan cara merencanakan, mengorganisaian, mengarahkani dan mengendalikan.
![]() |
| fungfungsi-fungsi manajemen |
Adapun fungsi administrasi sanggup di jelaskan sebagai berikut:
1. Perencanaan (planning)
Perencanaan (planning) ialah suatu upaya pengambilan keputusan mengenai target apa yang akan dicapai, tindakan apa yang akan diambil dalam pencapaian tujuan atau target dan siapa yang akan melaksanakan.
Tanpa perencanaan yang sempurna dalam sebuah bisnis akan berakibat terhadap ketidak teraturan bisnis tersebut atau dengan kata lain tidak berjalan sesuai dengan jalurnya. Penyimpangan ini bisa berakibat pada ketidakteraturan sampai kebangkrutan.
2. Pengorganisasian (organizing)
Fungsi administrasi yang kedua yaitu pengorganisasian, kemudian apa yang di maksud dengan pengorganisasian?
pengorganisasian ialah suatu kegiatan mengatur sumber daya insan dan sumber daya lain yang dimiliki sebuah perusahaan untuk menjalankan planning yang telah ditetapkan serta mencapai tujuan perusahaan.
Pengorganisasian secara lebih gampang sanggup dilaksanakan dengan memilih apa kiprah yang harus dikerjakan, bagaimana harus dikerjakan dan siapa yang mengerjakan. Hal ini bertujuan untuk mencapai tujuan peruahaan melalui proses yang lebih terstruktur atau terorganisasi
3. Penempatan (Staffing)
Fungsi administrasi selanjutnya yaitu staffing. Dalam hal ini staffing hampir menyerupai dengan organized akan tetapi staffing penggunaannya lebih luas. Bila pengorganisasian (organizing) lebih memperhatikan administrasi sumber daya insan (sdm), maka staffing lebih memperhatikan sumber daya secara umum seperti perlengkapan ,peralatan dan inventaris yang ada pada sebuah organisasi.
4. pengarahan (Actuating)
Perencanaan dan pengorganisasian yang baik tetapi bila tidak diikuti dengan pelaksanaan kerja. Untuk itu maka dibutuhkan kerja keras, kerja cerdas dan kerjasama. Semua sumber daya insan yang ada hams dioptimalkan untuk visi, misidan acara kerja organisasi.
Pelaksanaan kerja harus sejalan dengan planning kerja yang telah disusun. Kecuali memang ada hal-hal kusus sehingga perlu dilakukan penyesuaian. Sehingga disinilah fungsi administrasi sebagai pengarahan semoga apa yang dikerjakan sumber daya masih berada pada jalur yang semestinya.
Setiap Sumber daya manuia harus bekerja sesuai dengan tugas, fungsi dan peran, keahlian dan kompetensi masing-masing untuk mencapai misi, visi & acara kerja organisasi yang telah ditentukan.
5. Pengawaan (Controlling)
Fungsi pengendalian ialah suatu acara menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibentuk untuk kemudian dibentuk perubahan atau perbaikan kalau terdapat kesalahan atau penyimpangan. Agar pekerjaan berjalan sesuai dengan visi, misi, hukum dan acara kerja yang telah di tentukanmaka dibutuhkan pengontrolan. Baik dalam bentuk supervisi, pengawasan, inspeksi sampai audit.
Kata-kata tersebut memang mempunyai makna yang berbeda, tapi yang terpenting ialah bagaimana semenjak dini bisa mengetahui penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dalam sebuah perusahaan. baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun pengorganisasian. Sehingga dengan hal tersebut sanggup dilakukan koreksi, antisipasi dan penyesuaia-penyesuaian yang sesuai dengan situasi, kondisi dan perkembangan zaman.
pelaksanaan planning kerja yang sudah disusun dan mengadakan koreksi (perbaikan) terhadap penyimpangan yang terjadi. Untuk menjalankan Fungsi ini diharapkan adanya standar kinerja yang transparan. Pengawasan dan pengendalian juga merupakan alat ukur apakah implementasi sesuai dengan planning yang merupakan konsensus bersama yang telah ditetapkan sebelumnya.
Jenis-Jenis dan contoh Manajemen
Dalam implementai ilmu administrasi dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak sekali contoh yang bisa kita temukan, sesuai dengan bidangnya. Berikut ini ialah beberapa contoh dan macam-macam manajemen:
- Manajemen Administrasi Perkantoran
- Manajemen Agribisnis
- Manajemen Biaya
- Manajemen Hubungan Masyarakat (Humas)
- Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja
- Manajemen Keuangan
- Manajemen Komunikasi
- Manajemen Konstruksi
- Manajemen Organisasi
- Manajemen Organisasi
- Manajemen Pemasaran
- Manajemen Pendidikan
- Manajemen Personalia dan Administrasi
- Manajemen Perusahaan
- Manajemen Produksi
- Manajemen Rantai Pasokan
- Manajemen Risiko
- Manajemen Strategi
- Manajemen Stress
- Manajemen Sumber Daya Manusia
- Manajemen Waktu
Demikian klarifikasi perihal Pengertian Manajemen, Tujuan,Unsur, Fungsi dan Jenis Manajemen. Semoga bermanfaat.

