Apa Itu Aturan Bisnis? Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Aturan Bisnis

Apa Itu Aturan Bisnis? Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Aturan Bisnis - Hallo sahabat claudia892, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apa Itu Aturan Bisnis? Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Aturan Bisnis, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bisnis, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa Itu Aturan Bisnis? Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Aturan Bisnis
link : Apa Itu Aturan Bisnis? Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Aturan Bisnis

Baca juga


Apa Itu Aturan Bisnis? Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Aturan Bisnis

 Hukum bisnis ialah perangkat aturan yang mengatur suatu tatacara dan pelaksanaan suatu ur Apa itu Hukum Bisnis? Pengertian, Tujuan dan Ruang lingkup Hukum Bisnis


Apa itu aturan bisnis? Hukum bisnis ialah perangkat aturan yang mengatur suatu tatacara dan pelaksanaan suatu urusan atau suatu kegiatan perdagangan, industri, ataupun perihal kegiatan keuangan yang berafiliasi dengan kegiatan pertukaran barang dan jasa. Akan tetapi Sebelum mengetahui pengertian  Hukum bisnis  secara rinci alangkah baiknya mengetahui pengertian dari masing-masing kata tersebut.

Pengertian Hukum


Hukum ialah adalah suatu sitem peraturan yang berupa norma-norma dan hukuman yang dibentuk dengan tujuan untuk mengatur tingkah laris manusia, menjaga ketertiban, keadilan, mencegah terjadinya kekacauan . Adapun pengertian aturan berdasarkan para hebat yaitu:

1. E. M. Meyerspengertian

Hukum yaitu aturan yang di dalamnya mengandung pertimbangan kesusilaan yang ditujukan kepada tingkah laris insan di dalam masyarakat dan menjadi anutan bagi para penguasa negara dalam melaksanakan tugasnya.

2. Menurut Plato

Pengertian aturan ialah seperangkat peraturan-peraturan yang tersusun dengan baik dan teratur dimana sifatnya mengikat, baik terhadap hakim maupun terhadap masyarakat.

3. Menurut Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja,

Pengertian aturan ialah semua kaidah dan asas yang mengatur pergaulan hidup dalam masyarakat dimana tujuannya untuk memelihara ketertiban yang dilaksanakan melalui banyak sekali forum dan pros es guna mewujudkan berlakunya kaidah sebagai suatu kenyataan dalam masyarakat.
Dari pengertian di atas aturan sanggup diartikan sebagai suatu peraturan yang mengatur suatu kegiatan supaya tidak melanggar norma-norma yang berlaku. Hukum sendiri mempunyai beberapa karakteristik yaitu aturan bersifat memaksa, adanya perintah/larangan dan sanksi.

Pengertian bisnis

Pengertian Bisnis ialah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang maupun sekelompok orang (organisasi) yang di dalamnya terdapat acara produksi, maupun pertukaran barang dan jasa, dengan tujuan untuk mendapat keuntungan (profit).
Sedangkan pengertian bisnis Secara etimologi yaitu suatu keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melaksanakan pekerjaan untuk mendapat keuntungan atau laba. Adapun pengertian bisnis berdasarkan para hebat yaitu:

1. Menurut Brown dan Pretello

pengertian bisnis ialah forum yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan oleh masyarakat serta semua hal yang meliputi banyak sekali perjuangan yang dilakukan pemerintah maupun swasta tidak peduli mengejar keuntungan ataupun tidak.

2. Menurut Hughes dan Kapoor

Peengertian bisnis ialah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapat keuntungan / keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pengertian aturan bisnis

Hukum bisnis ialah perangkat aturan yang mengatur suatu tatacara dan pelaksanaan suatu urusan atau suatu kegiatan perdagangan, industri, ataupun perihal kegiatan keuangan yang berafiliasi dengan kegiatan pertukaran barang dan jasa, kegiatan produksi maupun suatu kegiatan menempatkan uang yang dilakukan oleh para pengusaha pada suatu usaha. dimana para pelaku bisnis sudah mempertimbangkan suatu segala resiko yang mungkin terjadi. 
Hukum bisnis muncul alasannya ialah adanya suatu kegiatan bisnis, perdagangan ataupun perjuangan yang sehat. Oleh alasannya ialah itu suatu kegiatan bisnis harus mempunyai aturan-aturan yang menjamin terjadinya suatu bisnis, perdagangan ataupun yang menyangkut perihal kegiatan tersebut.

Tujuan Hukum Bisnis

Tujuan aturan bisnis yaitu;
  1. Untuk menjamin berfungsinya keamanan prosedur pasar secara efisien dan lancar
  2. Untuk melindungi suatu jenis usaha, khususnya untuk jenis Usaha Kecil Menengah (UKM)  dan semua bisnis pada umumnya.
  3. Untuk membantu memperbaiki suatu sistem keuangan dan sistem perbankan
  4. Untuk mewujudkan sebuah bisnis yang kondusif dan adil untuk semua pelaku bisnis.
  5. Memberikan klarifikasi mengenai hak dan kewajibannya di dalam praktik bisnis,
  6. Memberikan pemberian terhadap suatu pelaku ekonomi atau pelaku bisnis 
  7. Mewujudkan acara bisnis dengan disertai tabiat dan sikap pelakunya sehingga tercipta kegiatan bisnis yang sehat, adil dan dinamis alasannya ialah dijamin oleh kepastian sebuah hukum.

Ruang lingkup aturan bisnis

Ruang lingkup aturan bisnis meliputi beberapa hal menyerupai :
  1. Kontrak bisnis ialah ikatan kesepakatan yang dituangkan dalam suatu perjanjian yang bentuknya tertulis
  2. Bentuk tubuh perjuangan adalah  kesatuan yuridis/hukum dan hemat yang mempunyai tujuan untuk mencari keuntungan atau keuntungan. Seperti PT, Firma, dan cv
  3. Pasar modal dan perusahaan go publik
  4. kegiatan jual beli oleh perusahaan
  5. Investasi atau penanaman modal
  6. Merger, akuisisi dan konsolidasi
  7. Pembiayaan dan perkreditan
  8. Ketenagakerjaan
  9. Hak Kekayaan Intelektual Industries
  10. Perlindungan terhadap konsumen
  11. Menyelesaikan sengketa bisnis
  12. Bisnis Internasional
  13. Hukum pengangkutan baik melalui darat, laut, maupun udara
  14. Perlindungan dan jaminan kepastian aturan bagi pengguna teknologi dan pemilik teknologi
  15. Hukum perindustrian atau industri pengolahan.
  16. Hukum Kegiatan perusahan multinasional yang meliputi kegiatan ekspor dan import
  17. Hukum Kegiatan Pertambangan/Hukum perdagangan internasional atau perjanjian internasional,
  18. Hukum Tindak Pidana Pencucian Uang (money loundry)
itulah pengertian aturan bisnis tujuan dan ruang lingkup aturan bisnis. semoga bermanfaat.

sumber referensi:
Pengantar Hukum Bisnis: Menata Bisnis Modern di Era Global oleh DR. Munir Fuady
www.Maxmanroe,com
https://id.wikipedia,org


Demikianlah Artikel Apa Itu Aturan Bisnis? Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Aturan Bisnis

Sekianlah artikel Apa Itu Aturan Bisnis? Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Aturan Bisnis kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Apa Itu Aturan Bisnis? Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Aturan Bisnis dengan alamat link http://claudia892.blogspot.com/2010/09/apa-itu-aturan-bisnis-pengertian-tujuan.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel